Menguasai Bangun Ruang: Contoh Soal Matematika Kelas 6 Bab 2 Kurikulum 2013 (dan Cara Menyelesaikannya!)
Matematika kelas 6 SD seringkali menjadi jembatan penting menuju materi yang lebih kompleks di jenjang SMP. Salah satu bab yang kerap menjadi fokus dan terkadang menantang bagi siswa adalah tentang Bangun Ruang. Kurikulum 2013 (K13) pada bab ini menekankan pemahaman siswa terhadap sifat-sifat bangun ruang, luas permukaan, dan volume berbagai jenis bangun ruang.
Dalam artikel ini, kita akan menyelami lebih dalam materi bangun ruang kelas 6 K13, dilengkapi dengan berbagai contoh soal yang sering muncul beserta pembahasan mendalam. Tujuannya adalah agar siswa tidak hanya menghafal rumus, tetapi benar-benar memahami konsep di baliknya, sehingga dapat memecahkan berbagai variasi soal dengan percaya diri.
![]()
Memahami Dasar-Dasar Bangun Ruang
Sebelum kita masuk ke soal, mari kita segarkan kembali ingatan kita tentang bangun ruang yang umum dipelajari di kelas 6:
- Kubus: Bangun ruang yang memiliki enam sisi persegi yang kongruen (sama bentuk dan ukuran). Semua rusuknya sama panjang.
- Balok: Bangun ruang yang memiliki enam sisi persegi panjang. Sisi-sisi yang berhadapan kongruen.
- Prisma Segitiga: Bangun ruang yang memiliki alas dan tutup berbentuk segitiga, serta sisi tegak berbentuk persegi panjang.
- Tabung: Bangun ruang yang memiliki alas dan tutup berbentuk lingkaran, serta sisi tegak berbentuk persegi panjang yang melengkung saat dibuka.
- Kerucut: Bangun ruang yang memiliki alas berbentuk lingkaran dan titik puncak tunggal. Sisi tegaknya berbentuk juring lingkaran.
- Bola: Bangun ruang yang hanya memiliki satu sisi lengkung. Jarak dari titik pusat ke setiap titik pada permukaan bola adalah sama.
Rumus-Rumus Kunci yang Perlu Dikuasai:
- Volume Kubus: $V = s times s times s = s^3$ (s = panjang rusuk)
- Luas Permukaan Kubus: $LP = 6 times s^2$
- Volume Balok: $V = p times l times t$ (p = panjang, l = lebar, t = tinggi)
- Luas Permukaan Balok: $LP = 2 times (pl + pt + lt)$
- Volume Prisma Segitiga: $V = frac12 times alas times tinggi segitiga times tinggi prisma$
- Luas Permukaan Prisma Segitiga: $LP = 2 times Luas Alas Segitiga + Keliling Alas Segitiga times Tinggi Prisma$
- Volume Tabung: $V = pi times r^2 times t$ (r = jari-jari alas, $pi approx frac227$ atau 3.14)
- Luas Permukaan Tabung: $LP = 2 times Luas Alas Lingkaran + Luas Selimut Tabung = 2pi r^2 + 2pi rt$
- Volume Kerucut: $V = frac13 times pi times r^2 times t$ (t = tinggi kerucut)
- Luas Permukaan Kerucut: $LP = Luas Alas Lingkaran + Luas Selimut Kerucut = pi r^2 + pi r s$ (s = garis pelukis)
- Volume Bola: $V = frac43 times pi times r^3$
- Luas Permukaan Bola: $LP = 4 times pi times r^2$
Contoh Soal dan Pembahasan Mendalam
Mari kita bedah beberapa contoh soal yang representatif untuk bab bangun ruang kelas 6 K13:
Soal 1: Menghitung Volume Gabungan Bangun Ruang
Sebuah bangun ruang terdiri dari kubus dan balok yang ditumpuk. Panjang rusuk kubus adalah 10 cm. Panjang balok adalah 15 cm, lebar balok 10 cm, dan tinggi balok 12 cm. Jika kubus diletakkan di atas balok, berapakah volume total bangun ruang tersebut?
Pembahasan:
Soal ini menguji kemampuan siswa dalam mengidentifikasi bangun ruang penyusun dan menghitung volume masing-masing, lalu menjumlahkannya.
-
Langkah 1: Identifikasi Bangun Ruang
Bangun ruang ini tersusun dari sebuah kubus dan sebuah balok. -
Langkah 2: Hitung Volume Kubus
Diketahui panjang rusuk kubus ($s$) = 10 cm.
Volume Kubus ($Vkubus$) = $s^3$
$Vkubus = 10 text cm times 10 text cm times 10 text cm = 1000 text cm^3$ -
Langkah 3: Hitung Volume Balok
Diketahui panjang balok ($p$) = 15 cm, lebar balok ($l$) = 10 cm, tinggi balok ($t$) = 12 cm.
Volume Balok ($Vbalok$) = $p times l times t$
$Vbalok = 15 text cm times 10 text cm times 12 text cm = 1800 text cm^3$ -
Langkah 4: Hitung Volume Total
Volume total bangun ruang adalah jumlah volume kubus dan volume balok.
$Vtotal = Vkubus + Vbalok$
$Vtotal = 1000 text cm^3 + 1800 text cm^3 = 2800 text cm^3$
Jawaban: Volume total bangun ruang tersebut adalah $2800 text cm^3$.
Soal 2: Menghitung Luas Permukaan Gabungan Bangun Ruang (dengan Pengurangan)
Sebuah tenda pramuka berbentuk prisma segitiga tegak. Tenda tersebut terbuat dari kain terpal. Tentukan luas permukaan kain terpal yang dibutuhkan untuk membuat tenda tersebut, jika alas segitiga memiliki panjang alas 20 cm, tinggi segitiga 15 cm, dan tinggi prisma 30 cm. (Perhatikan bahwa alas tenda tidak dilapisi kain).
Pembahasan:
Soal ini sedikit lebih kompleks karena ada bagian yang tidak dihitung luas permukaannya (alas tenda). Ini melatih siswa untuk berpikir kritis dalam mengaplikasikan konsep luas permukaan.
-
Langkah 1: Identifikasi Bangun Ruang dan Bagian yang Dihitung
Bangun ruangnya adalah prisma segitiga tegak. Yang perlu dihitung adalah luas permukaan kain terpal, yang berarti kita perlu menghitung luas alas, tutup, dan sisi tegaknya, namun alas tenda tidak dilapisi kain. Jadi, kita hitung luas tutup segitiga, dan tiga sisi tegak persegi panjang. -
Langkah 2: Hitung Luas Alas Segitiga (Tutup)
Diketahui alas segitiga ($aseg$) = 20 cm, tinggi segitiga ($tseg$) = 15 cm.
Luas Alas Segitiga ($Luasalas$) = $frac12 times aseg times tseg$
$Luasalas = frac12 times 20 text cm times 15 text cm = 150 text cm^2$.
Karena tenda memiliki alas dan tutup segitiga, maka luas tutup segitiga sama dengan luas alas segitiga. -
Langkah 3: Hitung Keliling Alas Segitiga
Untuk menghitung luas sisi tegak, kita perlu mengetahui panjang ketiga sisi alas segitiga. Kita sudah tahu alasnya (20 cm). Kita perlu mencari panjang kedua sisi miring segitiga. Karena soal tidak menyebutkan jenis segitiga, kita asumsikan ini adalah segitiga sama kaki jika alasnya adalah alas dasar. Namun, untuk perhitungan luas permukaan prisma, kita perlu panjang ketiga sisinya. Misalkan sisi-sisi segitiga alas adalah $s_1, s_2, s_3$. Jika kita asumsikan segitiga alasnya sama kaki dengan alas 20 cm dan tinggi 15 cm, maka kita perlu mencari sisi miringnya. Namun, lebih umum dalam soal prisma segitiga, panjang sisi alas segitiga diberikan atau dapat dicari. Jika soal tidak memberikan detail segitiga, kita bisa asumsikan sisi-sisi alas segitiga adalah 20 cm, dan dua sisi lainnya yang perlu dicari atau diberikan.Mari kita buat asumsi sederhana untuk memudahkan: Anggap sisi-sisi alas segitiga adalah 20 cm, 15 cm, dan 17 cm (ini adalah tripel Pythagoras 8-15-17, jika tinggi segitiga 15 cm dan salah satu sisi miringnya 17 cm, maka sisi alasnya adalah 8 cm, dan sisi miring lainnya juga 17 cm. PENTING: Dalam ujian, pastikan detail segitiga diberikan dengan jelas. Jika tidak, kita perlu asumsi yang paling masuk akal atau meminta klarifikasi.)
Untuk contoh ini, mari kita gunakan sisi-sisi alas segitiga: 20 cm, 15 cm, dan 17 cm.
Keliling Alas Segitiga ($K_alas$) = $20 text cm + 15 text cm + 17 text cm = 52 text cm$. -
Langkah 4: Hitung Luas Sisi Tegak
Tinggi prisma ($t_prisma$) = 30 cm.
Luas Sisi Tegak = Keliling Alas Segitiga $times$ Tinggi Prisma
Luas Sisi Tegak = $52 text cm times 30 text cm = 1560 text cm^2$. -
Langkah 5: Hitung Luas Permukaan Kain Terpal
Luas terpal yang dibutuhkan adalah luas tutup segitiga ditambah luas sisi tegak. Ingat, alas tenda tidak dilapisi kain.
Luas Terpal = $Luas_tutup + Luas Sisi Tegak$
Luas Terpal = $150 text cm^2 + 1560 text cm^2 = 1710 text cm^2$.
Jawaban: Luas permukaan kain terpal yang dibutuhkan untuk membuat tenda adalah $1710 text cm^2$.
Soal 3: Menghitung Volume Kerucut dan Perbandingannya
Sebuah wadah berbentuk kerucut memiliki jari-jari alas 7 cm dan tinggi 15 cm. Jika $pi = frac227$, berapakah volume air yang dapat ditampung oleh wadah tersebut?
Pembahasan:
Soal ini fokus pada penerapan rumus volume kerucut.
-
Langkah 1: Identifikasi Bangun Ruang dan Rumus Volume
Bangun ruangnya adalah kerucut. Rumus volume kerucut adalah $V = frac13 times pi times r^2 times t$. -
Langkah 2: Masukkan Nilai yang Diketahui ke dalam Rumus
Diketahui jari-jari alas ($r$) = 7 cm, tinggi kerucut ($t$) = 15 cm, dan $pi = frac227$.
$V = frac13 times frac227 times (7 text cm)^2 times 15 text cm$ -
Langkah 3: Lakukan Perhitungan
$V = frac13 times frac227 times 49 text cm^2 times 15 text cm$
Kita bisa menyederhanakan $frac497 = 7$.
$V = frac13 times 22 times 7 text cm^2 times 15 text cm$
Kita juga bisa menyederhanakan $frac153 = 5$.
$V = 22 times 7 text cm^2 times 5 text cm$
$V = 154 text cm^2 times 5 text cm$
$V = 770 text cm^3$
Jawaban: Volume air yang dapat ditampung oleh wadah tersebut adalah $770 text cm^3$.
Soal 4: Menghitung Luas Permukaan Bola
Sebuah bola memiliki jari-jari 21 cm. Hitunglah luas permukaan bola tersebut jika $pi = frac227$.
Pembahasan:
Soal ini menguji kemampuan siswa dalam menggunakan rumus luas permukaan bola.
-
Langkah 1: Identifikasi Bangun Ruang dan Rumus Luas Permukaan
Bangun ruangnya adalah bola. Rumus luas permukaan bola adalah $LP = 4 times pi times r^2$. -
Langkah 2: Masukkan Nilai yang Diketahui ke dalam Rumus
Diketahui jari-jari bola ($r$) = 21 cm, dan $pi = frac227$.
$LP = 4 times frac227 times (21 text cm)^2$ -
Langkah 3: Lakukan Perhitungan
$LP = 4 times frac227 times 441 text cm^2$
Kita bisa menyederhanakan $frac4417$. $441 div 7 = 63$.
$LP = 4 times 22 times 63 text cm^2$
$LP = 88 times 63 text cm^2$Untuk menghitung $88 times 63$:
$88 times 60 = 5280$
$88 times 3 = 264$
$5280 + 264 = 5544$$LP = 5544 text cm^2$
Jawaban: Luas permukaan bola tersebut adalah $5544 text cm^2$.
Tips Tambahan untuk Menguasai Bangun Ruang:
- Visualisasi: Cobalah membayangkan bentuk bangun ruang tersebut. Jika memungkinkan, gunakan benda nyata atau model bangun ruang untuk membantu visualisasi.
- Gambar Sketsa: Saat mengerjakan soal, membuat sketsa sederhana dari bangun ruang sangat membantu untuk menandai dimensi-dimensi yang diketahui dan dicari.
- Pahami Satuan: Selalu perhatikan satuan yang digunakan (cm, m, dm) dan pastikan satuan pada jawaban sesuai.
- Identifikasi Informasi Penting: Baca soal dengan teliti, garis bawahi informasi penting seperti panjang rusuk, jari-jari, tinggi, dan nilai $pi$ yang digunakan.
- Latihan Soal Bervariasi: Jangan terpaku pada satu jenis soal. Kerjakan soal-soal yang meminta hitungan volume, luas permukaan, soal cerita, dan soal yang melibatkan gabungan bangun ruang.
- Pahami Konsep "Dibuka": Untuk soal luas permukaan, bayangkan bangun ruang tersebut dibuka menjadi jaring-jaringnya. Ini membantu memahami sisi mana saja yang perlu dihitung luasnya.
Kesimpulan
Bab bangun ruang kelas 6 K13 memang memerlukan pemahaman yang baik terhadap konsep dan rumus. Dengan latihan yang konsisten dan pemahaman yang mendalam terhadap contoh soal seperti yang telah kita bahas, siswa dapat mengatasi tantangan dalam bab ini. Ingatlah bahwa matematika bukan hanya tentang menghafal, tetapi tentang memecahkan masalah. Selamat belajar dan semoga sukses!
>








Tinggalkan Balasan